Ada Loh Kandang Ayam Kekinian Ala Jaman Now

Kandang ayam – Punya niat berbisnis peternakan ayam otomatis akan membuat kita meangalokasikan waktu khusus untuk mengetahui tentang ternak dan kandangnya. Kita juga harus terlebih dahulu harus mengetahui kelebihan dan kelemahan dari tiap jenis kandang tersebut. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan perkembangan bisnis lebih cepat meluas.

Kandang ayam kekinian biasanya tertutup dan untuk jenis ayam boiler, kandang ayam ini biasa disebut closed house. Menggunakan kandang ayam modern closed house kita bisa menyiapkan kondisi lingkungan untuk ayam bisa hidup lebih sehat,nyaman dan juga optimal. Sehingga bisa meningkatkan produksi yang maksimal dengan biaya yang terjangkau. Namun dari segi budget investasi kandang, awalnya memang mahal.

Mengoptimasi Kandang Ayam Closed House
Fungsi dari closed house bisa lebih optimal jika dengan cara mengatur sistem ventilasi kandang ayam. Supaya sesuai dengan masa pertumbuhan ayam yang dipelihara. Ketepatan antara inlet dengan outlet adalah konsep paling penting dalam ventilasi dan manajemen closed house. Berikut gambar kandang ayam :

kandang ayam
gambar kandang ayam closed house (foto majalahinvofet)

Inlet dan outlet adalah prinsip dasar closed house. Harus ada aliran udara yang seimbang dan pas antara inlet dan outlet dengan parameter kecepatan angin yang disesuaikan dengan periode pemerliharaan ayam. Kecepatan ditentukan oleh bukaan inlet dan jumlah kipas yang dihidupkan.

Dalam memilih sebuah desain kandang ayam kita juga wajib memperhatikan beberapa faktor seperti: jenis ayamnya, berapa jumlahnya, ukuran kandang, mau menggunakan sistem seperti apa dll. Semakin detail maka semakin bagus untuk memutuskan apa yang akan kita pilih.

Kelemahan Kandang Ayam Closed House
Kelemahan full closed house adalah besarnya biaya investasi yang dikeluarkan diawal, dan tentunya kita harus memastikan bahwa izin pendirian bangunannya sudah aman dan memang lokasi tersebut sangat cocok. Kita juga perlu memperhatikan faktor tenaga kerja, diperlukan training khusus agar mereka mampu menangani dengan tepat.

Investasi kandang ayam modern closed house modifikasi sekitar Rp 21.000,- per ekor. Sedangkan full closed house sekitar Rp 55.000,- per ekor. Biaya investasi ini dapat kita modifikasi dengan cara modal dari kantong sendiri atau memilih mitra yang mempunyai goal sama. Perkiraan biaya investasi full closed house ini pada kondisi normal akan kembali kurang lebih dalam 3-4 tahun atau paling cepat 20 periode.

Gambar Kandang Ayam Closed House Modifikasi
Closed house akan menjadi sebuah terobosan baru karena mampu bersaing dari segi kualitas dan hematnya biaya.  Closed house itu memang dibuat untuk memaksimalkan lingkungan hidup ayam, dengan pengaturan suhu yang sesuai, mengkontrol tingkat stress ayam, membuat ayam tenang yang otomatis akan berdampak pada produktivitas dan hasil ternak kita.

Keuntungan tambahan pada closed house modifikasi adalah efisiensi lahan dan mengurangi jumlah tenaga kerja. Untuk closed house modifikasi ini mengacu pada lahan peternak kecil dengan populasi di kisaran 4.000-20.000 ekor serta menggunakan sistem tunnel ventilation. Efisiensi lahan yang pada kapabilitas closed house untuk menambah populasi tanpa mendirikan bangunan baru dan ini akan berdampak pada efisiensi dan penghematan investasi.

Faktor penentu keberhasilan closed house adalah di ventilasi udara agar lingkungan kandang sesuai dengan usia perkembangan ayam/ternak  melalui pengaturan inlet dan outlet pada ventilasi udara kandang. Faktor penentu dalam mendesain closed house adalah populasi, dimensi kandang dan juga sistem ventilasi yang digunakan(tunnel  double tunnel,ventilation atau combi tunnel), serta jenis ayam yang dipelihara (breeder, broiler, atau layer).

Closed house modifikasi bisa dikatakan closed house modifikasi tanpa cooling pad. Kelebihannya, konstruksi  bangunan kandang dan soal perizinan sudah ada serta manajemen awal sudah paham. Kekurangannya, alat yang akan dipasang wajib menyesuaikan dimensi bangunan yang telah ada, konstruksi juga harus dihitung ulang (karena perlu penguatan). ketidakhadiran cooling pad dari closed house modifikasi ini, menjadikan ayam yang sudah besar kritis mengalami stress panas dan tingginya angka kematian ayam. Kandang modifikasi di daerah panas membutuhkan kehati-hatian pengaturan. Membangun full closed house memiliki banyak keunggulan, yaitu desain dan peralatan bisa menggunakan paket lengkap yang disediakan oleh vendor. Kecepatan udara bisa diatur lebih optimal karena ada cooling pad.

Kandang ayam modern closed house telah terbukti menghasilkan performans lebih baik. Yang harus diperhatikan adalah akhir dari panen ayam supaya nilai jual yang lebih. Memanen ayam di closed house dalam setahun bisa dapat 7-8 periode tergantung target pasar atau ukuran panen. Peternak closed house, seharusnya juga mulai memikirkan cold storage dan food processing.

 

foto cover: dhanang closed house

(Visited 52 times, 1 visits today)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *