Apa Arti Haji Furoda Itu?

Haji Furoda adalah satu-satunya program haji non kuota yang resmi dan terdaftar dalam kuota calon jamaah haji oleh pemerintah kerajaan Arab Saudi. Tidak seperti para jamaah haji regular dan haji plus yang memakai visa haji sebagai akses masuk ke tanah suci, para jamaah Haji Furoda menggunakan visa khusus yang dinamakan Visa Furoda. Visa Furoda memang dibuat secara khusus untuk para jamaah haji yang berhaji memakai kuota pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Oleh karena Haji Furoda tidak mengambil jatah kuota haji pemerintah RI, maka calon jamaah tidak perlu mengantri seperti para calon jamaah yang mendaftar haji reguler dan haji plus (kuota haji RI). Kuota haji pemerintah Kerajaan Arab Saudi diberikan kepada siapa saja calon haji di dunia yang ingin berhaji melalui perantara Pemerintah Kerajaan Arab Saudi secara langsung dan ini selalu ada setiap tahun. Namun tentunya melalui proses dan persetujuan pemerintah kerajaan terdahulu.

Haji Furoda tidak mengambil jatah kuota haji pemerintah RI. Tentunya, pemerinta RI tidak memiliki tanggungjawab untuk memantau dan mengawasi keberadaan mereka karena para calon Jamaah Haji Furoda berada pada tanggungjawab pemerintah Kerajaan Arab Saudi secara langsung sebagai panitia pelaksana Haji. Segala mekanisme yang dilalui para calon jamaah haji furoda dari awal keberangkatan hingga kepulangannya nanti, semuanya berada dalam otoritas pemerintah kerajaan Arab Saudi.

Pengalaman Haji Non Kuota

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa Haji Furoda adalah program haji non kuota yang resmi dan terdaftar. Mentri Agama Lukman Syarifudin pernah mengatakan bahwa, pemerintah kerajaan Arab Saudi juga menyediakan kuota sendiri untuk para tamu-tamunya, masalah beberapa besar kuotanya dan juga seperti apa persyaratannya, pemerintah RI tidak mengerti karena hal ini adalah prioritas pemerinta kerajaan Arab Saudi.

Isu yang sempat ramai diberitakan di media mengenai calon jamaah haji yang batal berangkat karena menggunakan program haji non kuota beberapa waktu lalu mungkin masih menghantui anda yang belum mengerti jelas duduk perkaranya. Namun, jika Anda mengikuti beritanya, buntut perkaranya adalah visa yang mereka gunakan bukanlah visa haji. Iya, sebagian besar dari mereka menggunakan visa ziarah ataupun visa ummal.

Visa Haji Undangan Kerajaan

Sebetulnya, visa haji undangan kerajaan ada 2 macam. Visa haji furoda yang diberikan kepada para calon jamaah secara umum seluruh negara dan visa undangan yang benar-benar khusus untuk tamu istimewa kerajaan.

Untuk Visa Furoda, kita harus membayar paket programnya seperti halnya jika kita mengikuti program Haji Regular dan Haji Plus dengan kuota pemerintah. Sementara untuk visa haji undangan kerajaan khusu untuk tamu istimewa, visa nya gratis. Segalanya di tanggung oleh pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Namun, hanya orang-orang tertentu yang diberikan keistimewaan oleh pemerintah kerajaan yang mendapatkan visa undangan kerajaan ini.

Harga (Biaya) Visa Haji Furoda

Berapa harga atau biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan Haji Furoda? Fasilitas yang akan diterima calon jamaah Haji Furoda setara dengan jamaah Haji Plus. Seperti yang kita tahu, biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti program haji plus mencapai 3 kali lipat harga yang dibayarkan untuk program haji regular. Maka biaya program Haji Furoda pun tidak begitu jauh dengan biaya program haji plus.

Akan tetapi, dengan keistimewaan tanpa antri ditawarkan oleh Haji Furoda, bisa jadi program Haji Furoda ini lebih menarik dari pada Haji Plus. Nah, untuk Anda yang ingin melaksanakan haji furoda bersama Royal Indonesia Travel dapat menghubungi ke WA 0822-188-188-01 atau klik www.RoyalIndonesia.id . Royal Indonesia Travel juga melayani paket wisata halal,paket umroh reguler.

(Visited 14 times, 1 visits today)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *