Bunga-bunga Indonesia pada rupiah #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Rupiah selalu kita genggam setiap hari. Sesekali perlu mengamati gambar apa saja yang ada dalam lembar Rupiah. Bukan hanya gambar pahlawan, di dalam lembar Rupiah ada gambar tari daerah, destinasi wisata dan bunga khas dari berbagai daerah. Mari kita kenali bunga apa saja yang menjadi ciri khas beberapa daerah di Indonesia.

Bunga Anggrek Larat pada uang Rp1000
Tumbuhan ini memiliki nama ilmiah Dendrobium phalaenopsis. Anggrek larat termasuk tanaman langka dan dilindungi. Nama anggrek larat diambil dari nama Pulau Larat yang ada di Kepulauan Maluku. Bunga anggrek larat berwarna ungu muda, putih, serta kombinasinya.

Bunga Jeumpa pada uang Rp2000
Disebut juga Cempaka Kuning. Berbau wangi dan berwarna oranye, kuning atau putih krem. Bunga Jeumpa merupakan bunga khas Aceh, kebanggaan tanah Rencong. Bahkan ada lagu mengenai bunga Jeumpa yang dikenal hingga masyarakat internasional.

Sedap Malam pada uang Rp5000
Merupakan bunga eksotis yang sarat mitos dengan wangi yang khas dan mekar di malam hari. Bunga ini disebut ratu malam atau sundal malam. Bunga sedap malam banyak digunakan untuk upacara keagamaan atau untuk bunga hias.

Cempaka hutan kasar pada uang Rp10.000
Adalah salah satu tanaman identitas Sulawesi Barat. Bunga ini merupakan flora endemik khas Sulawesi dan persebarannya terbatas di Sulawesi dan Maluku.

Angrek Hitam pada uang Rp20.000
Memiliki nama ilmiah Coelogyne pandurata merupakan spesies anggrek yang tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera. Anggrek hitam adalah maskot flora provinsi Kalimantan Timur.

Bunga Jepun Bali pada uang Rp50.000
Sebenarnya bunga Jepun atau Kamboja Bali ini bukan merupakan bunga identitas Bali, namun bunga ini banyak ditanam dan dimanfaatkan oleh masyarakat bali. Bunga Jepun Bali digunakan dalam banyak acara keagamaan.

Bunga Anggrek Bulan pada uang Rp100.000
Anggrek Bulan (Phalaenopsis amabilis) atau puspa pesona adalah salah satu bunga nasional Indonesia. Bunga Anggrek Bulan berwana putih bersih dan berukuran besar. Banyak digunakan untuk hiasan ruangan.
Itulah beberapa bunga yang menghasi lembar Rupiah kita. Semakin cinta Rupiah dan mengenali wujudnya makan kita akan melihat Indonesia di dalamnya dengan beragam budaya dan kekayaan nusantara.

 

foto infoagribisnis

(Visited 58 times, 1 visits today)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *