Kamu cinta rupiah? Kenalkah tokoh ini? #CintaRupiah

Cinta Rupiah – Banyak orang awam terkejut, saat tahun lalu secara mendadak pemerintah Republik Indonesia kembali menerbitkan pecahan rupiah baru dengan disain dan gambar tokoh yang dirasa kurang familiar oleh mereka. Kontroversipun merebak, mayoritas pro walaupun banyak pula yang kontra. Bahkan di media sosial terjadi perdebatan mulai masalah disain gambar yang dianggap mirip mata uang Yuan-Cina, hingga masalah penempatan gambar pahlawan.

Kontroversi terbesar terutama masalah pemilihan tokoh pahlawan yang diabadikan dalam mata uang rupiah tahun emisi 2016 tersebut. Menurut Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Keuangan BI Yudi Harymukti, pemilihan pahlawan nasional tersebut sudah melalui sederet tahapan seleksi yang sangat panjang, serta sudah dikoordinasikan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, sejarawan, akademisi hingga tokoh masyarakat.

Siapa sajakah mereka, yuk mari kita kenali satu persatu, bukankah ada pepatah yang mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang”.

1. Soekarno dan Mohammad Hatta
Mereka adalah proklamator Indonesia. Wajahnya terpampang di pecahan Rp 100.000,- kertas. Posisi mereka tak tergantikan walaupun tokoh pahlawan lainnya berganti.

2. Djuanda Kartawidjaya.
Wajahnya menghiasi pecahan Rp 50.000,- kertas terbaru. Beliau lebih dikenal sebagai Ir H. Djuanda. Namanya diabadikan sebagai nama jalan besar di beberapa propinsi di Indonesia.

3. Sam Ratulangi.
Uang kertas pecahan Rp 20.000,- terbaru berhiaskan wajah Dr Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi, yang lebih dikenal sebagai Sam Ratulangi. Beliau berasal dari Sulawesi .

4. Frans Kaisepo.
Pahlawan kemerdekaan Indonesia asal Biak-Papua ini, pernah menjabat sebagai gubernur Papua tahun 1964-1973. Wajahnya menghiasi uang rupiah pecahan Rp 10.000,- kertas.

5. Idham Chalid.
Untuk pecahan kertas Rp 5.000,- terpampang wajah Dr KH Idhan Chalid. Seorang politikus asal Kalimantan Selatan yang cukup berpengaruh serta pernah menjabat sebagai wakil perdana menteri Indonesia pada kabinet Djuanda.

6. Mohammad Hoesni Thamrin

7. Merupakan perintis revolusi kemerdekaan Republik Indonesia. Wajahnya terpampang pada uang rupiah pecahan Rp 2.000,- kertas. Namanyapun diabadikan sebagai jalan utama di ibukota negara – Jakarta.

8. Tjut Meutia.
Tokoh pahlawan wanita asal Pirak – Aceh Utara ini bernama panjang Tjuk Nyak Meutia. Beliau adalah turunan bangsawan Aceh yang turut berperang memimpin pasukan melawan penjajahan Belanda. Wajahnya pahlawan wanita ini bisa dijumpai pada uang rupiah pecahan Rp 1.000,-

9. I Gusti Ketut Pudja
Mr I Gusti Ketut Pudja dikenal sebagai salah seorang angota PPKI mewakili Sunda Kecil (Bali & Nusatenggara) saat perumusan negara Indonesia di tahun 1945.

10. TB Simatupang atau Tahu Bonar Simatupang
Merupakan tokoh militer berpangkat Letnan Jenderal TNI menjabat sebagai KASAP (Kepala Staf Angkatan Perang Republik Indonesia) di tahun 1950 – 1953. Wajahnya menghiasi uang pecahan Rp 500,- logam

11. Tjipto Mangunkusumo.
Seorang dokter dan tokoh pergerakan Republik Indonesia. Beliau juga dikenal sebagai salah seorang dari Tiga Serangkai. Wajahnya dapat dengan mudah dikenali pada rupiah pecahan Rp 200,- logam. Nama beliau juga diabadikan sebagai nama rumah sakit terbesar di Jakarta.

12. Herman Johannes
Prof Dr Ir Herman Johannes, seorang cendekiawan, politikus dan ilmuwan Indonesia. Beliau dikenal sebagai guru besar Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta. Wajahnya terpampang di uang pecahan Rp 100,- logam.

13. Nah bagaimana, sudah semakin kenal? Dengan mengetahui siapa saja tokoh pahlawan nasional yang wajahnya terpampang di mata uang kita, minimal kita akan selalu terkenang perjuangan yang telah mereka lakukan demi bangsa dan negara ini. Kini saatnya kita yang setiap saat melihat wajah mereka, melanjutkan perjuangan tersebut.

 

foto bukalapak

(Visited 43 times, 1 visits today)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *