Menelusuri Keindahan Pesona Danau Singkarak di Sumatera Barat

Menelusuri Keindahan Persona Danau  Singkarak yang ada di sumatera barat – Danau singkarak merupakan salah salah satu kekayaan alam Ranah Minang lainya dari 6 danau yang mempesona yang ada di Sumatera Barat. Masising-masing danau mempunyai keindahan dan kelebihannya sendiri yang menjadi daya tarik untuk berkunjung , sehingga sayang jika kamu tidak menyempatkan untuk berkunjung kesana.

Danau singkarak merupakan danau kedua terluas kedua setelah danau Toba di Indonesia. Danau yang mempunyai luas 107,8 km ini membentang dari dua daerah administratif yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.

Menurut cerita rakyat setempat Danau singkarak dulunya adalah laut kemudian perlahan menyusut sehingga menyisakan Danau seperti sekarang. Namun menutut penelitian, Danau Singkarak terjadi karena terjadinya peristiwa tektonik.

Danau singkarak pertama kali di kenal luas pada tahun 1905 melalui jurnal biologi milik Ernst Haecker, seorang peneliti asal jerman. Haeckel sangat takjub akan keindahan Danau Singkarak dan dia mengungkapkan kekagumannya  itu malalui sabuah lukisan .

Danau Singkarak juga merupakan hulu dari Batang (sungai) Ombilin yang bermuara hingga Provinsi Riau. Sebagian air danau dialirkan melalui terowongan yang menenbus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk penggerak generatur PLTA singkarak di dekat Lubuak Aluang, Kabupaten Padang Pariaman.

Keindahan Danau Singkarak juga menjadi ikon dari event olahraga Tour de Singkarak yang di laksanakan setiap tahunnya di Sumbar, yang diikuti para pembalap  sepeda dari berbagai negara.

Yang lebih menariknya satelah diteliti terdapat 19 jenis ikan yang hidup di danau ini  dan yang merupakan ikan endemik Danau Singkarak seperti ikan Bilih (Mystaculeusus Padangensis BIkr).  Konon  Ikan Bilih hanaya bisa hidup di danau ini. Budidaya yang dilakukan oleh warga pun selalu gagal . Ikan -ikan bilih tidak bisa hidup di selain air danau Singkarak.

Bila kamu ingin mencicipi ikan bilih , kamu bisa mengunjungi warung -warung makanan yang ada disekitar Danau Singkarak. Biasaya tersedia pula ikan bilih goreng kering yang bisa di bawa pulang untuk buah tangan. Akan sangat rugi kalau kamu berkunjung kedanau Singkarak kalau tidak  mencoba ikan Bilihnya, Karna ikan Bilih ini benar -benar lezat.

Selain menikmati keindahan danau sambil menikmati kuliner kamu juga bisa menghabiskan waktu liburan dengan memancing, berenang,  naik sampan atau ikut menangkap ikan bersama nelayan setempat.

Demikian lah ulasan tantang Danau Singkarak, tempat wisata  di Sumatera Barat. semoga infomasinya  ini bermanfaat, Selamat berlibur !!

foto anekatempatwisata

(Visited 123 times, 1 visits today)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *