Tips menukar rupiah ke mata uang asing saat liburan #CintaRupiah

Cinta rupiah – Kalau Anda sedang berencana travelling ke luar negeri, segala persiapan harus benar-benar mencapai 100% sebelum keberangkatan. Mulai dari pengurusan paspor, visa, tiket, hingga penginapan dan transportasi selama di negara tujuan. Kalau tidak disiapkan dari sekarang, termasuk strategi cadangan ketika rencana awal tidak berjalan semulus perkiraan, Anda bisa kesusahan sendiri di negeri orang. Semakin buruk ketika Anda tidak memiliki kenalan atau saudara yang khatam mengetahui negara tujuan atau malah berdomisili di sana.

Salah satu persiapan yang paling vital adalah soal uang. Tentu saja Anda tidak bisa menggunakan mata uang Rupiah di luar negeri. Anda harus mengikuti aturan yang berlaku untuk menggunakan mata uang negara tujuan ketika melakukan transaksi di sana. Sudah pasti di negara tujuan Anda akan banyak berurusan dengan transaksi menggunakan uang sana. Jadi pastikan Anda sudah memegang sebagian mata uang negara tujuan bahkan sebelum Anda berangkat. Mau tahu tips dalam menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang asing? Yuk simak ulasan singkatnya berikut ini.

1. Lebih baik tukarkan di Indonesia daripada di luar negeri
Ada alasan yang melatarbelakangi mengapa penukaran akan lebih baik jika dilakukan di dalam negeri yaitu masalah bahasa yang tentu akan memengaruhi Anda dalam penukaran. Anda tentu akan lebih nyaman berkomunikasi dalam bahasa Indonesia bukan ketika dalam penukaran tersebut ternyata ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan perkiraan Anda, misalkan masalah kurs atau mungkin Anda akan bertanya-tanya mengenai kebiasaan masyarakat dalam menukarkan Rupiah dengan mata uang negara bersangkutan. Apabila Anda sangat terpaksa harus menukarkan uang tersebut di luar negeri, utamakan untuk menukarnya via ATM. Ada beberapa bank yang memiliki jaringan internasional dan memungkinkan Anda untuk menarik uang dengan mata uang negara tersebut dari ATM sekalipun saldo Anda tercatat dalam Rupiah.

2. Manfaatkan riset untuk harga tukar terbaik
Sebelum Anda memutuskan untuk menukar uang dimana, bandingkan nilai tukar di satu tempat dengan tempat lainnya. Perhatikan juga kurs jual dan kurs beli yang biasanya ditampilkan pada dinding depan tempat penukaran tersebut. Tentu saja Anda harus lebih memperhatikan kurs jual jika ingin menukarkan Rupiah dengan mata uang tertentu. Pilihlah tempat penukaran uang yang menawarkan kurs jual paling rendah dibandingkan dengan tempat penukaran uang lainnya.

3. Ada yang perlu diketahui jika menukar uang di Money Charger
Memang nilai tukar yang ditawarkan bisa jadi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tempat penukaran uang asing lainnya namun jangan sampai hanya karena hal ini Anda jadi tidak mempertimbangkan hal lain seperti adanya komisi penukaran uang. Tidak sedikit lho money changer yang menetapkan biaya komisi ini mulai dari 3% hingga 7%. Jadi, ada baiknya Anda menanyakan lebih dulu apakah money changer tersebut menetapkan komisi atau tidak supaya Anda bisa memperhitungkan dengan cermat harga mata uang yang ingin Anda tukar.

Itulah tips menukar uang ke mata uang asing saat liburan, selamat berlibur

 

foto hungrygowhere

(Visited 43 times, 1 visits today)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *